Boba X vs Ergo 360

Sebagai tim baby carrier saya lebih milih gendongan ketimbang stroller. Karena pengalaman sebelumnya anak saya kurang betah di stroller, pengennya digendong terus jadi kok ya useless banget. Memilih baby carrier pun dengan alasan lebih mudah dijual kalo udah ngga terpakai, jadi mending invest disitu.

Sebelumnya anak pertama saya pake baby carrier Ergo 360 Black Camel, sekarang mau coba-coba merk lain karena Ergonya sudah dihempas ke orang lain. Awalnya kepengen beli Pognae, tapi kok peminatnya masih sedikit keliatannya, ntar susah dijualnya. Terus beralih ke I-Angel Miracle, tapi setelah baca reviewnya ternyata bulky banget. Mungkin karena model hipseat. Tapi kalo dipake yang badannya big size ngga gitu-gitu amat kali ya, badan saya aja yang kelewat pendek. Akhirnya saya tertarik lah beli Boba X, karena beda tipis sama Ergo. Saya memilih yang model denim rain. Boba carrier ini made in USA. Sedangkan Ergo 360 made in china.

Review dari saya Boba X vs Ergo 360:

~ Boba X dan Ergo bisa dipake dari mulai newborn sampe toddler (3,5kg-20kg) tanpa perlu insert lagi.

~ Boba X cuma 2 posisi. Gendong depan, gendong belakang.

Ergo bisa 4 posisi, gendong hadap depan, hadap luar, samping dan belakang.

~ Bentuknya sama-sama ramping. Boba X body panelnya bisa di adjust, kalo badan anaknya kecil body panel bisa dikecilin, kalo badan anaknya besar bisa dilebarin. Ergo ngga, hanya 1 ukuran aja.

~ Boba X paddingnya lebih tebel dan lebar dari Ergo tapi sama-sama empuk dan kokoh. Nyaman dipakenya.

~ Boba X bahannya katun, Ergo juga. Sama-sama lembut dan cukup ringan. Keduanya bisa dicuci pake mesin.

~ Boba X ban pinggangnya cuma pake buckle doang, tali bisa di adjust, dan kalo kepanjangan bisa dilipet2 karena ada karet pengaitnya. Tapi kalo penggendongnya beda ukuran badannya, jadi harus di setting lagi sebelum dipake. Ribet juga ya kalo anak udah keburu nangis kudu setting ukuran pinggang dulu.

Ergo ban pinggangnya ada perekat dan buckle. Jadi ngga perlu setting-setting lagi kalo yang gendong beda-beda ukuran badannya. Tapi kalo yang perutnya kecil kaya saya, sisa tali bucklenya kepanjangan jadi kleweran gitu. Ngga cakep diliatnya *penting*

~ Boba X ada 2 kantong, 1 tempat hoodie, 1 nya di ban pinggangnya. Ergo cuma 1, kantong hoodie doang.

~ Boba X hoodienya bisa dicopot, Ergo ngga bisa.

~ Boba X sandarannya lebih tinggi ketimbang Ergo. Body panel Boba X bisa dinaikan atau diturunkan, bisa disesuaikan sama pertumbuhan tinggi anak. Ergo body panelnya extendable juga pake kancing gitu, lebih mudah ditinggiin atau dipendekin, tapi ngga setinggi Boba X, kalo anaknya badannya tinggi sepertinya harus disangga sama tangan kepalanya.

~ Boba X ada strap holdernya di pundak dilengkapi sama kancing. Kalo kita misalkan bawa tas jadi ngga jatoh2 gitu, karena ke kait di strapnya. Ergo ngga ada.

~ Dari segi harga Ergo 360 kurang lebih sama ya, beda beberapa ratus ribu. Boba X beli di littlehannah (2020) 2.239.000, Ergo waktu itu sekitar 2juta. Ngga tau deh kalo Ergo seri yang lain, ngga ngikutin perkembangannya soalnya. Yang sekarang kayanya lebih mahal, udah 3 jutaan.

Sejauh ini sih keduanya masih nyaman dipakenya, belum ada keluhan apa-apa. Anaknya juga masih anteng-anteng aja. Mudah-mudahan cocok sampe lama. Karena mau beli Ergo lagi kok udah banyak banget kw nya, jadi mending cobain merk lain aja lah. Daripada beli yang kw mending beli yang ori tapi merk lokal ya buibuuu.

Semoga bermanfaat ya buat yang mau cari-cari baby carrier.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s