Makanan untuk Anak yang Susah Makan/Picky Eater

Ibu-ibu siapa disini yang anaknya susah makan? Iya, saya termasuk orangtua yang memiliki anak supeeeerrr susah makan, mulai usia 13 bulan sampai sekarang memasuki usia 4 tahun 3 bulan. Walau usia 3,5 tahun mulai membaik tapi tetap saja picky eater. Pusing ya buibu? Saya hampir patah semangat mencoba resep ini itu dan memilih beli jadi. Paling ngga kalau beli jadi, meminimalisir sakit hati saya yang sudah mengeluarkan effort memasak dan ternyata si anak cuma makan 1-2 suap aja.

Sebagai ibu pasti mencari banyak cara ya supaya anak mau lahap makan, saya pun demikian. Setiap hari cek resep makanan di internet. Bertahun-tahun melihat pola makan anak saya, ternyata dia kurang tertarik dengan makanan berkuah, dia lebih memilih makanan yang kering. Apalagi yang krispi. Sepertinya memang kesukaan anak-anak pada umumnya ya makanan yang kriuk-kriuk. Lalu mikirlah saya makanan kriuk-kriuk apa ya yang cukup bergizi dan bakal dia suka. Akhirnya saya menemukan 2 menu andalan. Apa itu? Pisang Goreng Keju dan Telur Krispi. Ini saya share ya resepnya, supaya ibu-ibu juga bisa buat untuk anaknya.

1. PISANG GORENG KEJU

Bahan:

– Pisang uli/kepok yang sudah matang

– Tepung pisang goreng (saya pakai merk sasa)

– Susu UHT full cream (saya pake merk ultra)

– Mentega (dicairkan)

– SKM

– Keju parut

Cara Membuat:

Campurkan tepung pisang goreng, susu dan mentega cair. Masukan pisang ke dalam adonan tepung. Goreng sampai kecoklatan. Setelah matang, tambahkan SKM dan parutan keju sesuai selera.

2. Telur Krispi

Bahan:

– Telur ayam kampung (kocok)

– Tepung bumbu krispi (merk apa saja)

– Tepung beras

– Lada putih

– Wortel (diparut)

– Air dingin

Cara Membuat:

– Orak arik telur dan wortel yang sudah diparut. Sisihkan.

– Campur tepung dan lada putih. Bagi tepung ke dalam 2 wadah terpisah. 1 untuk tepung kering 1 untuk tepung basah yang sudah diberi air dingin.

– Masukan 1 SDM orak arik telur ke adonan tepung kering, lalu ke tepung basah, lakukan sampai habis. Goreng sampai kecoklatan.

Simpel banget kan resepnya? Pasti semua ibu-ibu bisa banget bikinnya. Saya biasanya ngasih menu pisgor keju kalau sarapan, atau bisa juga pas snack time. Alhamdulillah hampir selalu ludes.

Semoga kedua menu di atas bisa jadi alternatif ibu-ibu yang anaknya susah makan ya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s