Review Sekolah: Labschool Pendidikan Karakter IPB ISFA, Bogor

Mendekati tahun ajaran baru, para mama mungkin masih ada yang bingung mau menempatkan anaknya di sekolah seperti apa. Saya sharing ya gambaran tentang sekolah Nabil di Labschool IPB ISFA Bogor sebagai referensi buat para mama yang berminat anaknya bersekolah disini. Letaknya di Jalan Cikabuyutan No.10, samping M3 Skincare Botani Square.

Kurikulum Labschool IPB ISFA menerapkan pendidikan karakter yang berlandaskan 9 pilar karakter, diantaranya:

  • Cinta tuhan
  • Kemandirian, disiplin dan tanggung jawab
  • Kejujuran, amanah dan berkata bijak
  • Hormat dan santun
  • Dermawan, suka menolong, dan kerjasama
  • Percaya diri, kreatif dan pantang menyerah
  • Kepemimpinan
  • Baik dan rendah hati
  • Toleransi
  • Kebersihan, kerapihan dan kesehatan

Ada juga kegiatan sentranya (learning centre activities), seperti:

  • Art and craft
  • Eksplorasi
  • Design and construction
  • Imagination
  • Sport
  • Religion
  • Cooking
  • Life skill
  • Gardening

Program yang ditawarkan ada 4: Daycare, Toddler, Pre-Kindergarten, Kindergarten. Selain itu Labschool juga memiliki kegiatan program After School Activities, diantaranya seni tari, islamic fun learning, little chef dll.

Karena Nabil masih usia 3 tahun jadi yang dijelasin disini pre-kinder ya mama. Pembelajaran disini lebih menekankan perkembangan di fisik, motorik, intelektual, sosial-emosi, dan kemandirian. Anak diajarkan untuk membawa tas sekolah dan memakai alas kakinya sendiri. Sebelum belajar mengajar ada aktivitas morning circle untuk pemanasan agar anak lebih fokus dan semangat saat menerima pelajaran di kelas. Lalu dilanjutkan dengan berdoa.

Biaya sekolahnya ada 3 macam: uang program, iuran tahunan dan iuran bulanan. Jadi ngga ada biaya ini itu lagi sampai akhir semester. Untuk kategori playgroup seragamnya cuma dapet 1, hanya pakaian olahraga. Berikut daftar biaya terbarunya (bayaran SPP yang lewat dari tanggal 10 akan dikenakan biaya 10%):

Pasti kartu ATM para mama menjerit-jerit ya liat biaya sekolah anak playgroup aja udah segini, macem biaya kuliah mamanya dulu.

Oh ya, sebagai bentuk komunikasi dengan para orangtua sekolah memberikan buku penghubung sebagai informasi perkembangan anak agar orangtua mengetahui apa saja kegiatan yang ada di sekolah setiap harinya.

  1. Daily Activities Book. Di buku ini memuat informasi mengenai kegiatan si anak per harinya, perasaannya saat itu, snack time-nya dll.
  2. Monthly book. Isinya berupa gambaran rencana pelajaran per minggunya apa aja. Temanya, konsepnya, lagu dan tepuk yang dipelajari anak di sekolah, kegiatan field trip, dan kegiatan lainnya.

Ada beberapa kegiatan khusus yang diadakan di luar sekolah:

  1. Field Trip, seperti berenang (2x per tahun), ke supermarket, peternakan, kantor pos, pemadam kebakaran dll sesuai dengan topik tiap bulannya. Seru ya?
  2. Guest teacher, orangtua murid jadi guru tamu dengan mengajar si anak dan teman-teman sekelasnya sesuai dengan materi.
  3. Home visit, mengajak murid mengunjungi rumah salah seorang teman sekelasnya.

Secara berkala sekolah mengadakan cek kesehatan umum dan gigi, seperti pengukuran berat dan tinggi badan, pemantauan kebersihan mata, telinga, rambut dan kuku tiap 6 bulan sekali.

Buat saya kenapa menjatuhkan pilihan di sekolah ini, karena mutu pendidikannya bagus dan sesuai dengan value keluarga kami. Menonjolkan kesantunan, kemandirian, juga empati terhadap sesama. Selain hasil kerja sama antara IPB dan ISFA (Indonesian Singapore Friendship Association), ditunjang pula dengan tenaga pengajarnya yang rata-rata adalah lulusan IPB bidang tumbuh kembang anak dan keluarga. Jadi saya percayakan Nabil untuk belajar serta berkembang disini, dan nyatanya memang banyak sekali peningkatan untuk Nabil. Setiap kelas terdiri dari 2 guru pendamping. Selain itu, sekolah suka mengadakan seminar parenting gratis yang tentunya bermanfaat untuk para orangtua.

Bangunan sekolahnya pun saya suka, memang cukup tinggi harus menaiki tangga terlebih dahulu, tapi aman kok. Tempat parkir cukup luas sekitar 12 mobil (cukuplah empet2an). Kalaupun lagi penuh-penuhnya (misalkan pembagian rapot), ada Botani Square yang menampung. Disini satpamnya ada 2 orang. Lingkungannya bersih dan asri. Ada kolam ikan kecil di depan. Pencahayaan dan sirkulasi udaranya cukup, tidak pengap. Kelasnya besar dan ber-ac, ada 4 ruangan terdiri dari kelas toddler, pre-kindergarten dan kindergarten saling berhadapan. Di tengahnya koridor. Mainan indoor dan outdoornya cukup beragam, ada kolam mandi bolanya juga. Ada perpustakaan mini. Halaman belakangnya luas (ini penting sih buat saya) untuk menunjang kegiatan motorik kasar. Kamar mandinya cukup luas, tidak licin, bersih dan ngga bau. Ada mushola kecil. Tersedia dapur dan ruang makan. Kantin dengan jajanan sehat, area menunggu para mama jadi ngga kepanasan atau kehujanan. Jajanan yang dijual pun diseleksi terlebih dahulu, no permen, no coklat, ataupun mecin2an. Sejauh mata memandang tempatnya oke (dalam artian aman dan nyaman) buat saya dan Nabil.

Selain itu, yang saya suka dari sekolah ini mereka tidak memperkenankan selebrasi ulang tahun seperti sekolah-sekolah pada umumnya. Cukup potong kue atau membagikan nasi kotak di kelas (bagi yang mau saja). Tidak ada pemberian kado, goodie bag, ataupun sejenisnya. Ini poin penting bagi saya yang memang tidak merayakan hari kelahiran di keluarga. Hal lainnya yang saya suka, setiap ada acara/kegiatan murid perempuannya tidak disarankan untuk make up atau sanggul-sanggulan, jadi dibiarkan saja polos seperti anak-anak seharusnya. Labschool pun menonjolkan setiap muridnya untuk lebih berkolaborasi ketimbang berkompetisi. Bisa dilihat ketika perayaan 17 agustusan, perlombaan tetap diadakan tetapi tidak ada yang menang ataupun kalah. Tidak ada hadiah untuk juara 1, 2 ataupun 3. Yang terpenting semua anak merasa hepi ikut serta meramaikan acara dan saling bekerja sama. Memang tidak terlalu bernuansa keislaman seperti yang kami harapkan, tapi secara garis besar Labschool sesuai dengan prinsip yang keluarga kami anut, yaitu membangun karakter sejak usia dini. Alhamdulillah menemukan sekolah yang cocok dengan saya dan anak saya. Walaupun Ciawi – Labschool jauhnya luar biasa. Tapi mama hepi, Nabil juga hepi sekolah disini. Rencananya untuk TK Nabil masih mau meneruskan disini lagi. Sedangkan untuk SD kami lebih concern ke sekolah yang berlandaskan keagamaan.

Semoga bermanfaat reviewnya. Selamat memilih sekolah ya ibu2.

4 thoughts on “Review Sekolah: Labschool Pendidikan Karakter IPB ISFA, Bogor

  1. setuju banget Mama Nabil, sekolah ini memang oke bangeeeeet, karena anak pertama saya lulusan sini juga, worthed banget lah sama harganya yg bikin ATM mama mnjerit dan langsung kuyus seketika hehehe

    sekarang lagi cari2 info biaya2 nya di lab school buat anak kedua niiih, thanks a lot ya mam, saya jadi punya gambaran berapa kira2 biaya yg akan dikeluarkan saat anak kedua ini mau sekolah (di labschool lagi yang pasti)

  2. Halo kak, sharingnya sangat bermanfaat sekali buat ibu baru seperti saya.
    Walaupun anak saya mpasi aja belum, tapi saya udah kepikiran tentang sekolah anak hahahaha lebay banget ga sih ibu yang satu ini.
    Makasih untuk sharingnya ya kak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s