Yuk, Bikin Playdough

Mengikuti mama-mama masa kini pada umumnya membuat ide permainan untuk anak, jadilah gw kepengen bikin sensory play buat Nabil. Apa itu sensory play? Sensory play adalah permainan yang melatih indera (bisa penglihatan, penciuman, peraba, pendengaran ataupun pengecap). Permainan ini bisa dimainkan mulai dari umur 6 bulan keatas. Sensory play sering disebut juga messy play.

Hasil ngubek-ngubek di instagram akhirnya gw tertarik untuk memperkenalkan playdough ke Nabil. Tau kan apa itu playdough? Mainan lilin-lilinan zaman SD yang heiitttss itu dan bisa kita bentuk apa aja. Karena ini mainan untuk anak, tentunya playdough homemade jauh lebih aman. Tau sendiri kan anak kecil paling doyan masukin benda ke mulut. Bahan-bahannya pun relatif mudah kita temukan di rumah. 

– 500gr tepung terigu

– 250gr garam

– 1sdm minyak goreng

– air hangat

– pewarna secukupnya

Bahan-bahan diatas tinggal dibuat adonannya deh sampe kalis, dan taraaaaa…playdough siap dimainkan! Oh iya, yang gw buat ini non-cooked playdough ya.  Yang dipelajari dari bermain playdough:

– stimulasi panca indera (penglihatan, perasa, peraba)

– mengenal tekstur, warna dan bentuk

– kreativitas

Nabil awalnya anteng mainan, tapi ngga mau megang maunya nusuk-nusuk pake sedotan doang terus transfer ke dalam toples *seraaaaahh lah* lama kelamaan ternyata comot-comot dikit terus dimasukin mulut dan matanya kreyep-kreyep keasinan. Haha.. Setelah itu kabur dan playdough dibiarkan begitu aja. Yaudahlah yang penting udah icip-icip teksturnya kaya apa ya, Bil.

 
   

Selamat bermain!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s