Trimester 2 Rasanya…

Sangat melegakan! Terbebas dari mual muntah sepanjang 3 bulan pertama kehamilan itu bersyukur banget. Nafsu makan sudah kembali seperti semula. Yang terpenting lidah bisa merasakan makan-makanan enak (lagi). Gw juga sudah kembali kerja dan wara wiri tanpa harus hoek-hoek di perjalanan *dadah-dadah ke kantong kresek*

Memasuki bulan keempat kehamilan, banyak perubahan yang terjadi, baik fisik maupun keseharian gw. Gw merasakan kejut-kejut di perut. Yang artinya janin yang ada di dalam perut sudah bernyawa dan sedang berkembang membentuk bagian tubuhnya. Berat badan pun berangsur-angsur naik, setiap bulannya mengalami kenaikan 1 kg. Untuk takaran makanan, gw lebih memilih makan nasi dengan porsi setengah tapi makan setiap 4jam sekali. Hal ini untuk menghindari perut mual dan kembung. Karena semakin kandungan membesar, gw merasa perut penuh, nafas pun terengah-engah dan pergerakan gw terbatas.

Menginjak bulan keenam, gw mulai agak sedikit cape kalau berjalan terlalu cepat. Di siang hari pun gw selalu menyempatkan diri untuk tidur di kantor sekitar 1 jam, karena hampir selalu mengantuk. Mungkin karena efek kenaikan berat badan gw yang sudah mencapai 6kg sampai bulan keenam ini.

Perubahan fisik yang terjadi di gw, perut belum terlihat terlalu membesar. Banyak orang yang mengira kalau gw ngga lagi hamil. Alhamdulillah sampai saat ini gw ngga mengalami yang namanya kaki bengkak. Hanya saja muka semakin membulat, lekukan rahang mulai ngga keliatan. Huhu.. Keluhan yang dirasa paling pada pinggang sebelah kiri yang terkadang masih suka nyeri, tapi semakin kesini semakin berkurang. Mungkin karena trimester kedua ini gw lagi doyan-doyannya jalan kaki. Perut juga terkadang masih merasa kembung dan mual, tapi tidak sampai muntah. Sering kali juga perut kontraksi, mengencang dan berasa penuh tapi ngga sampai menimbulkan rasa sakit. Daerah puting gw mulai menggelap, dibagian kening dan sekitar bibir mulai banyak ditumbuhi jerawat dan meninggalkan noda hitam. Hiks..

Setelah dinyatakan bayi gw berjenis kelamin laki-laki dari hasil USG, entah kenapa gw males untuk pakai deodorant dan pakaian dalam. Kalau ngga karena keluar rumah, gw anti sekali pakai kedua barang itu. Bawaan bayi kali *bayi lah disalahin hehe* ya mitosnya sih begitu kalau hamil anak laki-laki, bawaannya jadi super males.

Jika kebanyakan wanita hamil mengidamkan makanan tertentu, tidak demikian dengan gw. Paling-paling yang gw kepengen makanan yang umum dan mudah didapat. Misalnya gado-gado, toge goreng, kupat tahu atau cendol. Mungkin si akang tahu diri kali ya papanya jauh di Papua, ngga selalu bisa nurutin kemauannya. Jadi ngidamnya yang gampang aja :p

Di trimester ini juga gw mulai dongengin buku cerita. Selain mengajak janin berkomunikasi, berharap juga nanti nya dia akan suka baca, ngga kaya papanya yang baca sms aja malesnya minta ampun :))

Trimester dua itu bulan-bulan yang paling menyenangkan deh semasa hamil. Kondisi badan nyaman, nafsu makan, mood juga bahagia terus rasanya. Ngga sabar banget deh nungguin perkembangan bulan-bulan berikutnya.

20140515-103141.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s