(Travel Diaries – 13) Pulau Umang, Pulau Tersembunyi di Jawa Barat

Siapa sangka Banten memiliki pulau yang tidak kalah keindahannya dengan Bali. Namanya Pulau Umang.

Pulau yang masih berada di kawasan Jawa Barat ini terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Bisa ditempuh kurang lebih selama 7-9jam perjalanan (dari Bogor). Cukup jauh memang, sekitar 200km lebih.

Untuk menuju Pulau Umang bisa dilalui dengan 2 jalur.

Rute pertama bisa lewat Tol Kebun Jeruk – Merak – Serang Timur – Pandeglang – Labuan – Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibaliung – Cimanggu dan berakhir di Desa Sumur.

Alternatif lain bisa melalui Tol Kebun Jeruk – Merak – Cilegon Barat – Anyer – Carita – Labuan – Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibaliung – Cimanggu – Desa Sumur.

Karena perjalanan cukup jauh dan membawa kendaraan sendiri, untuk menghemat tenaga akhirnya gw menginap dulu di Carita, jadi gw pakai rute kedua. Gw menginap di Rakata Hotel, dengan rate Rp.200.000/kamar. Keadaan kamar cukuplah ya, walau ngga bagus-bagus amat.

20140226-002521.jpg

Pantai Carita

Tidak jauh dari tempat gw menginap tepatnya sebelum polsek, ada rekomendasi warung makan seafood yang enak, namanya Warung Kiray (spanduk warna hijau). Tempatnya sih kurang nyaman, tapi at least rasanya enak. Udang saus asam manis (1/2kg), cah kangkung, teh botol 2 dan nasi sebangkul bisa didapat dengan harga Rp 65.000. Tapi pelayanannya lamaaaaaaaa banget 😦

Setelah menginap 1 hari di Carita, gw menuju Desa Sumur pagi harinya. Untuk menuju kesana kondisi jalanannya sudah cukup bagus, walau ada beberapa jalan yang berlubang. Tidak terlalu sempit, untuk dilalui bis pariwisata pun bisa. Yang penting berhati-hati karena jalannya agak naik turun dan banyak tikungan, seperti jalan di daerah puncak. Disarankan sih jangan menggunakan mobil sedan. Untuk yang ingin ke sini lebih baik pagi atau siang hari, karena di sepanjang menuju Pulau Umang tidak ada lampu jalan, kecuali ketika melewati rumah penduduk. Agak berbahaya jika berkendara di malam hari.

Sesampainya di dermaga Sumur perjalanan dilanjutkan lagi dengan menyebrang pulau menggunakan perahu motor selama 5 menit. Bagi yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, karena di dermaga tersedia parkiran aman selama 24jam. Jadi mobil bisa kita titipkan. Untuk pembayarannya tidak mematok harga khusus, seiklasnya 🙂

Dermaga Pulau Umang

Tiba di Pulau Umang kita akan disambut dengan welcome drink es leci dan pelayannya yang super ramah. Pantai disini menyuguhkan pemandangan berupa pasir putih, air lautnya biru jernih, dan rasanya yang tidak terlalu asin (sempet icip2 :p). Anginnya tidak terlalu kencang dan ombaknya pun relatif kecil. Terkecuali ketika sedang turun hujan.

20140226-000547.jpg

Cafe

Semua cottage disini terletak di tepi pantai dan langsung menghadap ke laut. Bentuknya di desain sama, menyerupai rumah panggung tradisional dan dinding-dindingnya bebatuan. Bagian dalamnya? buat gw nyaman banget. Tempat tidurnya memakai kelambu, lampunya agak meremang. Suasananya romantis.

Penginapan Pulau Umang

Pulau Umang memang terkesan private, sangat cocok buat yang mau honeymoon. Rate cottage disini 1 harga, weekday 1,7jt/hari dan weekend 2,3juta/hari. Karena gw menginap minggu pagi dan pulang Senin siang, gw dikenakan biaya 1,7jt. Sudah dapat makan prasmanan 3x.

Buat yang mau one day tour juga bisa, cukup membayar 100rb/orang. Sudah termasuk speed boat PP, welcome drink dan tour guide.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Umang: berenang, banana boat, jetski, snorkeling, diving (by request), memancing. Tersedia juga tempat bermain untuk anak.

Atau jika berkeinginan ke pulau tetangga juga bisa, namanya Pulau Oar. Ngga kalah cantiknya dengan Pulau Umang. Pulaunya lebih kecil dari Pulau Umang, tetapi disini pulaunya tidak berpenduduk, hanya tersedia beberapa gubuk seperti saung untuk tempat beristirahat. Dengan membayar Rp 60.000 PP kita sudah bisa mengunjungi Pulau Oar. Tapi sayang kita juga harus membayar cukup mahal sebesar Rp 75.000 jika ingin menyewa alat snorkeling.

Pulau Oar

20140226-000708.jpg

Pulau Umang juga menyediakan gazebo buat melihat sunrise/sunset. Karena letak pulaunya di ujung Pulau Jawa sunset disini bagus banget. Mataharinya begitu dekat, warnanya orange terang, langitnya kemerahan. Kalau beruntung kita juga bisa melihat pelangi sehabis hujan.

Pulau Umang sangat recommended buat dikunjungi. Udaranya ngga lengket seperti pantai-pantai pada umumnya, pantainya bagus, cottagenya mewah, makanannya enak, pantainya bersih dan tidak banyak sampah, pelayannya juga ramah.

Buat kamu pecinta pantai, Pulau Umang bisa dijadikan pilihan liburan seru kalian loh.

Happy traveling!

 

Contact Person:

Kang Jimmy

Pin BB 29079ED4